Friday, 9 October 2015

Dome Light HDRI Vray 3dsMax

Halo dab :D
Ketemu lagi dengan saya Anggara Priatmaja.
Untuk kesempatan kali ini saya akan mengilustrasikan bagaimana caranya menggunakan Dome light dan HDRI di Vray 3dsMax.
Oke langsung saja kita mulai step by step cara menggunakannya :D .

Pertama yang harus kita lakukan adalah mengklik tombol create ~~> Pilih lights ~~> kemudian pilih vray sperti pada gambar di bawah ini:



001



Selanjutnya kalau sudah klik Vraylight ~~> Pilih Dome ~~> Kemudian klik ke lembar kerja


002



Selanjutnya kita klik tab modify akan muncul option seperti di bawah ini :


003


Setelah itu langkah selanjutnya adalah tahap memasukkan HDRI ke dome light tadi dengan cara Klik none di tab texture di bawah ~~> Pilih Vray HDRI


004



Kalau sudah kita drag and drop texture tadi ke slate material (tekan M kalo untuk memunculkannya) dan akan muncul sebuah option baru, di option ini kita pilih yang instance.


005


Selanjutnya kita Load file HDRI yang akan kita gunakan seperti gambar di bawah kemudian klik open seperti gambar di bawah :

006


Setelah sudah jangan lupa untuk mengganti beberapa option seperti gambar di bawah :


007




Selanjutnya kita setting option render seperti gambar di bawah ini (ini tidak mutlak, bisa di sesuaikan dengan kemampuan pc masing masing :D) :



008


Kalau sudah kita masuk ke pengaturan camera seperti gambar di bawah dengan cara Klik camera ~~> Klik modify
ada bebepara option yang harus di edit seperti :
• F number : Semakin besar nilainya semakin gelap hasil gambar yang akan kita dapat begitupun sebaliknya
• Guess vert tilt : Jika kita klik maka gambar yang yang kita hasilkan bisa tegak lurus dan tidak miring
• Shutter speed : Semakin besar nilainya semakin gelap hasil gambar yang akan kita dapat begitupun sebaliknya



009


Setelah selesai setting camera tinggal kita tes render saja :D
NB :    • Jika hasil yang kita dapat gambarnya terlalu terang atau Over Bright kita bisa memainkan kedua option di setting camera yang saya jelaskan di atas atau sebaliknya
           • Jika hasil gambar yang kita dapat masih terdapat banyak noise yang di rasa sangat mengganggu, kita bisa mengatasinya dengan cara menaikkan subdive domelight tadi sesuai kebutuhan tentunya dengan konsekuensi semakin besar nilai subdivenya semakin lama time render yang akan habiskan :D

Berikut adalah contoh hasil render sesuai dengan option dan setting seperti yang saya ilustrasikan tadi :D



010




Oke cukup sekian dari saya, semoga bisa bermanfaat dan cukup di mengerti penjelasan dari saya yang ribet ini >_<
Semisal masih kebingungan saya juga sudah membuat versi videonya yang bisa dilihat langsung dari sini : https://youtu.be/EPSJ7j4oBLo
Selamat mencoba dan selamat berexperimen :D :D











No comments:

Post a Comment